Sabtu, 24 September 2016

Inilah Ilmuwan Penting Dunia Yang Terasing dan Tidak Terlalu Dikenal

Inilah Ilmuwan Penting Dunia Yang Terasing dan Tidak Terlalu Dikenal

Ilmuwan jasa mempunyai andil yg besar bagi dunia. Berkat para ilmuwan kita dapat menikmati beragam kemudahan hri ini. Kita beraktivitas di tengah malam hri yg sejatinya gelap berkat lampu yg ditemukan Thomas Alva Edison. Kita pula mampu jalankan panggilan telpon pada siapapun berkat tehnologi yg ditemukan oleh Alexander Graham Bell.
Tapi ilmuwan terus lahir & muncul. Mereka juga tidak sedikit melahirkan penemuan yg tak kalah spektakuler & bermanfaat bagi manusia.
Nah berikut ini ada sekian banyak nama ilmuwan yg kelihatannya asing & tak populer. Tetapi jangan sampai salah, karya & penemuan mereka nyata-nyatanya tetap difungsikan oleh tidak sedikit orang sampai sekarang.
Bahkan sekian banyak penemuan mereka mampu menyelamatkan jutaan umat manusia & difungsikan dari awal penemuan sampai sekarang. Simak ya ulasannya :

1. Joseph Lister (1827-1912) 

Inilah Ilmuwan Penting Dunia Yang Terasing dan Tidak Terlalu Dikenal
Joseph Lister

Kalian pernah dengar nama Josep Lister? kelihatannya kalian juga baru kali ini membaca ada manusia di muka bumi yg bernama itu. Lister yakni seseorang dokter bedah. Ketika bekerja di Glasgow Royal Infirmary, Lister bingung lantaran sejumlah korban yg diamputasi meninggal dikarenakan luka infeksi yg dideritanya. Dia menghitung nyaris 50% pasien yg diamputasi meninggal bukan sebab amputasi melainkan dikarenakan infeksi akibat proses amputasi tersebut.
Lister juga menggali ilmu sekian banyak karya Louis Pasteur, & membaca koran mengenai pemakaian asam karbol dalam proses pengolahan limbah. Lister juga memutuskan coba memanfaatkan asam karbol dalam membedah supaya pasien tak terkena infeksi, & akhirnya positif.
Sejak itu dirinya meminta dokter bedah utk mencuci tangan dgn asam karbol sebelum & setelah laksanakan operasi bedah. Termasuk Juga mencuci seluruhnya peralatan bedah dgn larutan asam karbol.
Aksi & penemuan Lister ini menjadi sebuah revolusi dalam dunia pengobatan. Asam karbol merupakan bahan penting pembentuk antiseptik yg kita kenal hri ini.
Lister pula dinobatkan sebagai Bpk antiseptik berkat penemuannya. Antiseptik terbukti sudah menyelamatkan jutaan nyawa manusia sampai sekarang

2. John Bardeen (1908-1991)


Inilah Ilmuwan Penting Dunia Yang Terasing dan Tidak Terlalu Dikenal
John Bardeen

John Bardeen merupakan ahli fisika. Dia merupakan ahli listrik yg berasal dari Amerika Serikat. Bardeen sempat memenangkan nobel dua kali. Dirinya bersama temannya pada th 1956 mengembangkan satu buah transistor listrik. Dulu pada th 1972 dirinya mengembangkan teori superkonduktivitas. Nah berkat penemuannya, teorinya sanggup digunakan dalam pemakaian CAT & MRI scan yg teramat vital di dunia kedokteran sekarang. Walau dimanfaatkan sbg proses mengecek kanker & pengobatannya, beberapa orang bisa saja tak paham bahwa Bardeen adalah sosok yg teramat penting di baliknya.

3. Karl Landsteiner (1868-1943) 

Inilah Ilmuwan Penting Dunia Yang Terasing dan Tidak Terlalu Dikenal
Karl Landsteiner

Pernah menerima broadcast soal dibutuhkan golongan darah? atau pernah dapat pelajaran di sekolah seandainya golongan darah ini cuma dapat ditransfusi golongan darah ini? Nah jika pernah, basic yg menemukan teori itu yakni seseorang dokter Austria bernama Karl Landsteiner. Ia merupakan aktor penting dalam identifikasi golongan darah. Landsteiner menunjukkan bahayanya bila suatu darah ditransfusi bersama darah yg tak serasi. Golongan darah pula mampu dijadikan basic utk membuktikan keturunan. Nah teori itu ditemukan oleh si Landsteiner ini.
Cobalah bayangkan jika ilmu tersebut tak ditemukan sampai sekarang? tentu proses transfusi darah yg jadi bagian vital dalam dunia kedokteran kini pasti berantakan.

4. Fritz Haber (1868-1934) 

Inilah Ilmuwan Penting Dunia Yang Terasing dan Tidak Terlalu Dikenal
Fritz Haber

Fritz Haber merupakan dua mata duit dalam satu sisi. Ya namanya teknologi ya, seandainya jatuh di tangan salah pasti berakibat tidak baik. Seperti yg ditemukan oleh Haber. Haber menemukan gas sianida & sekian banyak gas seperti klorin. Nah, penemuannya ini difungsikan oleh Jerman dgn Nazinya utk memanfaatkan gas tersebut yang merupakan senjata kimia.
Sehingga tidak heran jikalau Haber dilabeli sebagai Bpk dari perang kimia. Tapi di balik penemuannya itu, Haber juga menemukan faktor yg amat sangat vital bagi umat manusia. Dia menemukan sintetis amonia. Amonia yaitu komponen utama dalam industri pupuk. Pupuk dgn amonia yakni bahan utama dalam sektor pertanian dunia. Penemuannya jadi revolusi dalam bagian pupuk. Berkat penemuannya, dia mampu melestarikan pertanian buat mencukupi makanan bagi semua manusia di dunia.

5. Leo Szilard (1898-1964)


Inilah Ilmuwan Penting Dunia Yang Terasing dan Tidak Terlalu Dikenal
Leo Szilard

Namanya saja sulit utk dieja ya. Tapi siapa sangka dia merupakan salah satu otak di balik industri nuklir yg dikembangkan Amerika Serikat. Tetap ingat tragedi Hirosima & Nagasaki? meskipun tidak terlibat serta-merta, Leo Szilard yakni orang yg mengusulkan Proyek Manhattan.
Dia posting surat terhadap Presiden AS disaat itu, Roosevelt buat mengembangkan senjata nuklir. Dia beralasan kalau Jerman, musuh penting AS dikala itu sedang mengembangkan senjata yg sama. Gagasannya telah merubah posisi dunia dengan cara strategis.

6. Abraham De Moivre (1667-1754) 

Inilah Ilmuwan Penting Dunia Yang Terasing dan Tidak Terlalu Dikenal
Abraham De Moivre

Abraham De Moivre lahir di Perancis, namun hidup lama di Inggris, dia adalah teman akrab dari Isaac Newton. Hasil tulisannya yg populer ialah “Annuities upon Lives”, yg berisi aturan mutlak dalam statistik asuransi. Doctrine of Chancesnya berisikan banyak materi dari teori kesempatan, & karyanya Miscellanea analytica sbg buku seri berisi teori kesempatan & trigonometri analitik. De Moivre terkenal dengan karyanya utk integral kesempatan, & basic kurva frekuensi normal yg amat penting bagi pelajaran statistika. Dinamakan rumus Stirling yg menggemparkan.


Nah, itu dia beberapa ilmuwan terasing yg saya tau, jika ada yg tidak saya tau tolong masukin di komentar bro, karna berbagi itu indah hehehehe.


EmoticonEmoticon