Jumat, 10 Juni 2016

Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Para pakar nutrisi global mendefinisikan puasa atau kelaparan (starvasi) menjadi pantangan mengkonsumsi nutrisi baik secara total atau sebagian dalam jangka panjang atau jangka pendek. Sedangkan konsep puasa pada Islam secara substansial merupakan menahan diri tidak makan, minum serta bekerjasama suami istri mulai terbit fajar sampai terbenam matahari dengan disertai niat. Sehingga puasa memiliki disparitas dibandingkan starvasi biasa.
Dengan niat yang kuat dan  tulus, ibadah puasa dapat kita jalani menggunakan maksimal  sekaligus memberikan manfaat yg maksimal  pula bagi diri kita. Puasa selain keliru satu kewajiban umat muslim, ternyata bermanfaat jua bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh berikut ulasannya

1. Penurunan Glukosa dan Berat Badan


Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Studi kohort dilakukan pada 81 mahasiswa Universitas Teheran of Medical Sciences saat berpuasa. Dilakukan penilaian berat badan, indeks massa tubuh (BMI), glukosa, trigliserida (TG), kolesterol, lipoprotein densitas rendah (LDL), high density lipoprotein (HDL), serta Very Low density lipoprotein (VLDL), sebelum dan  sehabis Ramadhan. Studi ini menunjukkan bahwa puasa Ramadhan menyebabkan penurunan glukosa dan  berat badan. Meskipun ada penurunan yg signifikan pada frekuensi makan, peningkatan yang signifikan pada LDL dan  penurunan HDL tercatat pada bulan Ramadhan. Tampaknya pengaruh puasa Ramadhan di tingkat lipid dalam darah mungkin berkaitan erat dengan pola makan gizi atau respon kelaparan biokimia.

2. Baik buat Kesehatan Ginjal


Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Ginjal berfungsi buat menjadi saringan zat berbahaya dari yg kita makan dan  minum. Fungsi ginjal akan aporisma apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 mililiter osmosis/Kilo Gram air. Dengan berkurangnya asupan air di waktu menjalankan ibadah berpuasa, sasaran untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin bisa tercapai sebagai akibatnya pada akhirnya akan berdampak baik buat kesehatan ginjal.

3. Performa Seksual Semakin Tinggi


Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Sebuah penelitian yg membahas ihwal korelasi puasa menggunakan kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan  lemotin (LH) menunjukan, bahwa puasa memang benar menurunkan nafsu seksual serta menurunkan hormon testoteron. Namun ini bersifat sementara, Bahkan selesainya beberapa hari siklus puasa dijalankan justru produksi hormon testosteron dan  performa seksual justru semakin tinggi pesat.

4. Keseimbangan Anabolisme Serta Katabolisme


Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Berbeda dengan kelaparan atau starvasi pada berbagai bentuk bisa Mengganggu kesehatan tubuh. Tetapi sebaliknya, dalam puasa ramadhan terjadi keseimbangan anabolisme dan  katabolisme yang mengakibatkan asam amino dan  aneka macam zat lainnya membantu peremajaan sel serta komponennya menghasilkan glukosa darah dan  mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari. Cadangan protein yang cukup dalam hati karena asupan nutrisi ketika buka dan  sahur akan tetap dapat menciptakan syarat tubuh buat terus menghasilkan protein esensial lainnya seperti albumin, globulin dan  fibrinogen. Hal ini tak terjadi pada starvasi jangka panjang, sebab terjadi penumpukan lemak dalam jumlah besar , sebagai akibatnya beresiko terjadi sirosis hati. Sedangkan saat puasa pada bulan ramadhan, fungsi hati masih aktif dan  baik.

5. Peningkatan Komunikasi Psikososial Baik Dengan Allah dan  Sesama Insan


Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat puasa bagi kehidupan psikososial memegang peranan penting dalam kesehatan insan. Dalam bulan puasa terjadi peningkatan komunikasi psikososial baik menggunakan Allah serta sesama manusia. Hubungan psikologis berupa komunikasi menggunakan Allah akan semakin tinggi pesat, sebab puasa merupakan bulan penuh berkah. Setiap doa serta ibadah akan berpahala berlipat kali dibandingkan umumnya. Bertambahnya kualitas serta kuantitas ibadah pada bulan puasa akan pula mempertinggi komunikasi sosial menggunakan sesama manusia baik famili, saudara serta tetangga akan lebih tak jarang. Aneka macam peningkatan ibadah secara eksklusif akan menaikkan korelasi menggunakan Pencipta dan  sesamanya ini akan menghasilkan jiwa lebih safety, teduh, senang, gembira, puas serta senang.


EmoticonEmoticon