Rabu, 25 Mei 2016

Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan Pada OS Linux

Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan Pada OS Linux
Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan Pada OS Linux

Linux adalah sebuah OS berbasis Open Source yg diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Peralatan sistemnya berasal dari sistem operasi GNU yg diumumkan oleh Richard Stallman pada tahun 1983, GNU adalah dasardari munculnya nama  GNU/LINUX. Jadi, menurut saya Linux adalah OS yg telah dikembang kan dari GNU yg lebih dulu ada.

Sejak kehadirannya Linux telah banyak digunakan dan dikenal oleh orang berkat sokongan dari perusahaan2 besar seperti Intel, Dell, Oracle, RedHat dan beberapa perusahaan besar lainnya. Dengan OS yg berbasis Open Souce, Linux bisa digunakan di berbagai macam perangkat komputer, termasuk komputer desktop, dan sistem benam seperti buku elektronik, sistem game, dan router.

Banyak orang berpendapat bahwa kesuksesan Linux dikarenakan tidak bergantung kepada vendor, biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan OS versi UNIX yg tak bebas, Serta di bidang keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan OS yg lain seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan Software Open Source.

OS Linux yang dikenal dengan istilah distro Linux pada umumnya sudah termasuk perangkat2 lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE, Xfce, Cinnamon, Unity, dll, juga memiliki paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice.

Kelebihan Linux

-Bersifat open source, bebas dan terbuka. sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya. LISENSI FREE dan boleh di utak atik semaunya.
-Linux sekarang sudah mudah di operasikan. kalo dulu pengguna linux identik dengan para hacker, tapi sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya.
-Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
-Memiliki pengamanan yang lebih unggul karena di desain multiuser sehingga apabila virus -menyerang user tertentu, akan sangat sulit menyebar ke user lainnya.
-Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum karena linux membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan Windows.
-Linux dapat berjalan di dua mode.
-Jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer karena linux lebih stabil.
-Memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia.
-Terdapat beragam pilihan seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.

Kekurangan Linux

-Banyak user yang belum terbiasa menggunakan linux.
-Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.
-Proses instalasinya tidak semudah windows.
-Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
-Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like, maka mau gak mau harus belajar dulu.
-Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.


EmoticonEmoticon