Minggu, 03 Juli 2016

Apakah Itu Sense Of Belonging ?

Apakah kalian pernah merasakan hal-hal berikut ini ?

Apakah kalian seorang mahasiswa, pekerja, atau rakyat biasa ? Pernahkah kalian merasa tak diklaim pada lingkungan kalian ? kalian berada di keramaian tetapi kalian tidak merasakannya ? Atau dengan kata kasarnya, kalian merasa dikucilkan ?

Apakah Itu Sense Of Belonging ?

Apakah kalian kuliah hanya menuruti paksaan orangtua kalian ? Seakan-akan kalian tidak pernah tau arti kuliahmu ? Atau apakah kalian bekerja merasa tidak di bidang keahlian kalian ? Kalian merasa cepat bosan dengan apa yang kalian kerjakan ?
Apakah kalian pernah tidak peduli dengan lingkungan di sekitar ? Misal, ada teman kalian yang sakit,tetapi kalian cuek, atau ketika terdapat keran air serta lampu kantor atau sekolahmu menyala namun kamu abaikan, merasa itu bukan tanggung jawabmu ?
Apakah Itu Sense Of Belonging ?

Mungkin dari kita pernah merasakan hal-hal di atas, mungkin itu karena Sense Of Belonging kita kurang bro, lalu apa sih Sense Of Belonging dan dampaknya pada kehidupan di lingkungan sehari-hari kita ?

Pendapat DR. Robiyanto Tan"Rasa mempunyai (Sense Of Belonging) ialah ekspresi jiwa yang penting dalam kehidupan seseorang. Rasa mempunyai juga akan memiliki dampak yg nyata terlihat secara signifikan di dalam perilaku seorang. Seorang yg mempunyai rasa memiliki akan bertindak peduli, terikat, memiliki empati, termotivasi bahkan mampu memberdayakan dirinya sendiri meskipun tidak ada stimulan."

Pendapat James Gilmore
Berdasarkan definisi oleh James Gilmore di ehow.com, a Sense Of Belonging is the feeling of being connected and accepted within one's family and community. It is important in healthy human development and combating behavior problems and depression. Atau bila diterjemahkan menjadi: perasaan terhubung dan diterima pada sebuah famili atau komunitas. Sense of belonging penting untuk pengembangan kesehatan dan melawan persoalan kepribadian dan rasa depresi.

Apakah Itu Sense Of Belonging ?

Sense Of Belonging ialah rasa memiliki terhadap sesuatu, baik itu komunitas, keluarga, sahabat, dan lain sebagainya. Saat Sense Of Belonging sudah tertanam kuat pada diri kita, kita akan sampai pada tahap membutuhkan, rela berkorban, serta tidak lagi menyebut pengorbanan itu menjadi 'pengorbanan', melainkan kewajiban. Kita akan merasa nyaman, merasa memiliki lingkungan dan diterima pada lingkungan itu gan, dan setiap individu mempunyai tingkat Sense Of Belonging yang berbeda-beda.



Jika kalian mahasiwa, manfaat Sense Of Belonging banyak sekali, kalian akan merasa sangat nyaman memiliki banyak teman di sekitar, mulai dari tugas, main sampai kalian lulus nanti akan memiliki link dimana-mana. Kalian akan semakin nyaman dengan jurusan kalian, jadi kuliah tidak hanya paksaan dari orang lain tapi juga berasal dari hati nurani. Oya, Sense Of Belonging ini juga sangat penting bagi keberlangsungan Organisasi kampus kalian nih, agar rasa tanggung jawab dan memiliki semakin besar.
Apakah Itu Sense Of Belonging ?

Jika kamu seorang pekerja, manfaat Sense Of Belonging ini adalah memupuk korelasi menggunakan teman kerja kalian, sehingga kamu merasa nyaman berada di pekerjaanmu, karena lingkungan kerja artinya rumah kedua, maka sangatlah krusial buat membentuk Sense Of Belonging antar sesama sahabat kerja, sehingga pekerjaan akan terasa nyaman serta bukan menjadi sebuah beban.
Apakah Itu Sense Of Belonging ?

Kita menjadi makhluk sosial tentu akan membutuhkan orang lain buat hidup, apalagi pada lingkungan masyarakat, manfaat Sense Of Belonging akan membuat kita mampu menerima sekaligus diterima oleh rakyat, indahnya kebersamaan akan semakin kita rasakan.
Apakah Itu Sense Of Belonging ?

Cara Menumbuhkan Sense Of Belonging

Apakah Itu Sense Of Belonging ?
Adaptasi Dengan Lingkungan

Apakah Itu Sense Of Belonging ?
Jangan Malu Berkenalan Dengan Orang Di Sekitar



Apakah Itu Sense Of Belonging ?
Selalu Positive Thinking

Apakah Itu Sense Of Belonging ?
Percaya Pada Diri Sendiri

Sekian postingan dari saya tentang Sense Of Belonging, jika berkenan silahkan di share.


EmoticonEmoticon