Rabu, 13 Juli 2016

Apakah Itu Generasi Z?

Perlu diingat bahwa Generasi Z artinya generasi yang sangat akrab dengan dunia digital dan acapkali juga dianggap Generasi Digital. Generasi ini dihantui oleh teknologi yang berkembang dengan pesat setiap detiknya yang tak jarang memunculkan fitur baru, aplikasi baru, bahkan smartphone baru yang mengakibatkan smartphone kita tidak terlihat begitu smart lagi. Dan pastinya mereka ialah generasi yang mudah cemas Jika tidak bisa berinternet. Seringkali diklaim generasi digital, karena semua aset yang berharga milik mereka semua tersimpan dalam dunia maya. Hukuman berat bagi mereka bukan dikunci dalam kamar melainkan dikunci dalam kamar tanpa “Internet”.

Anak-anak generasi digital yg semenjak dini sudah terpapar dengan bermacam-macam teknologi, mungkin berbeda dengan Generasi sebelumnya, namun inilah yang menghasilkan mereka begitu berbeda dengan Generasi lain, kenapa? Sebab mereka mempunyai kesempatan yg sangat tidak terhitung berkat kelebihan mereka bersentuhan menggunakan teknologi semenjak dini. Mereka dikelilingi oleh teknologi seperti iPhone, iPad serta teknologi yg lainnya. Jika anak tahun 2000an ditanya coba tunjukan Bumi itu bagaimana bentuknya, mereka akan menjawab kita dengan membuka Google earth bukannya membuka Atlas.

Begitu juga dalam cara memelihara binatang kesayangan, Jika dulu kita memelihara anjing memerlukan effort yg lebih seperti harus  dikasih makan, dirantai, serta susahnya jika tewas harus dikubur. Kini dengan yang namanya Nintendo DS, ada game yang namanya Nintendogs dimana kita bisa memelihara anjing yg bisa makan gampang, dan  kalaupun mati kita tinggal restart gamenya.

Ini Nintendogs bro yang kalau anjingnya mati tinggal restart

Apakah Itu Generasi Z?

Generasi Z banyak terlihat di Facebook, Twitter dan Instagram. Menjadi hal yang biasa sekarang jika anak kita berteman di Facebook kita, serta fungsi siblings di Facebook akhirnya bisa dimaksimalkan, karena dulu isi siblings pada Facebook merupakan teman kita semua serta tak jarang teman kita menjadi anak kita. Bayangkan sekarang, Generasi Z ini ketika berteman dengan ayahnya kemudian ayahnya mengganti statusnya menjadi single, tentu akan menjadi pertanyaan bagi anak mereka.

Kemudian, Generasi Z mulai kehilangan esensi dalam menulis surat, akan menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka mungkin buat menulis surat dengan amplop. Bagaimana dengan work ethicnya mereka? Situasinya akan produktif  jika mereka berada dimana saja, asalkan ada “Internet”, sebab mereka akan bebas berekspresi dimanapun dan dimana saja, mungkin di Starbucks sembari minum frappucino dan  duduk manis sembari mengerjakan pekerjaan mereka, daripada duduk di kantor yang membosankan.

Tetapi di sisi lain, ide-ide baru lahir dari anak muda atau biasa dianggap Generasi Z. Generasi Z adalah mereka yg lahir diakhir tahun 90-an dan awal tahun 2000-an. Generasi Z hidup di era digital dengan bermacam teknologi yg canggih seperti: computer atau laptop, smartphone, mobile application, dan  lain sebagainya. Dengan perkembangan teknologi digital yg terus berkembang, banyak diantara mereka yang memiliki ide dalam hal membangun penemuan baru. Bahkan banyak app developer yg masih berusia belasan tahun dan berhasil membangun sebuah app dari rasa penasaran dan keingintahuan mereka.

Sebagai contoh 5 tahun yg lalu ada yang membuat app untuk Apple, nah dia masih terbilang sangat muda namanya adalah Thomas Suarez.

Apakah Itu Generasi Z?
Thomas Suarez

Dan bukan hal mustahil jika dalam waktu 10 tahun lagi, Indonesia akan mandiri dengan Generasi Z ini, mengapa? Sebab mereka akan berkonsentrasi penuh pada pengembangan Start-up yg menjadi daya jual mereka, inovasi baru, peluang bisnis baru dan tentunya lapangan kerja yg merata nantinya, maka dari itu akses Internet yang merata nanti akan menghubungkan satu Indonesia dan memunculkan yang namanya e-education, e-transportation, e-marketing, dan  banyak hal yg lainnya.

Kini banyak anak muda yang sukses berkat inovasi yg mereka buat. kemajuan teknologi membuka peluang yang sangat besar untuk menjadi kreatif dengan membuat pandangan baru dan inovasi terbaru. Hal ini tentunya tergantung pada diri kita sendiri apakah kita mau memaksimalkan perkembangan teknologi atau hanya mendapatkan yang akan terjadi saja.

Work ethic Generasi Z tentu sangat jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, untuk itu Generasi Z bukan generasi yang remeh, melainkan mereka bisa bekerja pada situasi serta kondisi yg mereka inginkan tentunya tanpa mengorbankan waktu mereka dengan pemanfaatan teknologi yang ada.

Marilah kita bersama bersatu padu dengan para Generasi Z  untuk mendesain sebuah tempat tinggal   baru di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi secara penuh serta semaksimal mungkin. Timbul pertanyaan sebelum Generasi Z itu apa? Terdapat yg namanya Generasi Milinneal, nah mereka mempunyai work ethic yg lebih kurang sama namun yang menjadi sekat mereka adalah tumpuan pertama mereka, Generasi Millinneal bertumpu pada kegigihan serta perjuangan berkutat melawan status quo, Generasi Z juga melawan status quo, namun konteksnya sangat berbeda bukan?

Maka dari itu Young On Top memprakarsai Young On Top National Conference untuk menjadi perpanjangan tangan untuk memberikan dampak pada 2 Generasi sekaligus yg sedang panas-panasnya naik daun yaitu Generasi Millineal serta Generasi Z.

Pemimpin ini ditempa pada masa ketika Generasi Z sedang maraknya memperluas jaringan pertemanan dan tentunya menghasilkan sejarah-sejarah baru di Indonesia. Untuk meng-influence anak Generasi Z tentu tidak gampang, maka dari itu Young On Top juga menggaet nama-nama besar yang berkiprah di bidangnya masing-masing dan berhasil menunjukkan tajinya.

Young On Top National Conference 2016 sendiri akan diselenggarakan pada :
Hari/Tanggal : Sabtu/13 Agustus 2016
Tempat : Kartika Expo, Balai Kartini Jakarta
Waktu : 09.00 – 17.00 WIB
Tema : Its’s Milennials Time To Lead This Nation
Pembicara : Achmad Zaky, CEO BUKALAPAK.com

Apakah Itu Generasi Z?

Alexander Rusli, CEO Indosat Ooredoo

Apakah Itu Generasi Z?

Ben Soebiakto, CMO kapanlagi.com dan CEO IdeaFest

Apakah Itu Generasi Z?

Wianda Pusponegoro, Vice President Corcom Pertamina

Apakah Itu Generasi Z?

Keynote speakers: Basuki TP (Ahok), Gubernur DKI Jakarta

Apakah Itu Generasi Z?

Billy Boen, CEO Young On Top

Apakah Itu Generasi Z?

Yang menjadi nilai tambah dari #YOTNC2016 adalah semua peserta akan mengikuti sesi networking time untuk bisa berkenalan dengan 5000 peserta lainnya.
Untuk yg ingin cari suasana kerja yg baru, pada event ini akan terdapat beberapa perusahaan keren yg buka lowongan kerja, jadi kamu bisa cari2 gosip sekaligus tanya-tanya.

Buat kamu yg daftar 3 orang sekaligus atau lebih masing-masing akan menerima
- Goodie bag asal Wardah
- Voucher belanja asal bukalapak.Com senilai 50 ribu – 1 juta
- Voucher potongan hotel, pesawat dan  kereta api dari pegipegi.Com

pendaftaran bisa melalui website di http://www.youngontop.com/yotnc2016 atau hub no 0823.1139.9330.


Poster YOTNC
Apakah Itu Generasi Z?


Sumber : Kaskus


EmoticonEmoticon